Selasa, 26 Januari 2010

PC Joystick Dengan Fungsi Turbo

Ditulis pada 26 August 08

Ada tiga seri PC Joystick dengan fungsi turbo. Masing-masing adalah MetalStrike 3D (USB Joystick for PC), MetalStrike FF (Force Feedback Joystick for PC) dan MetalStrike Pro (Vibratium Feedback Joystick for PC).

Berbeda dengan joystick standar yang beredar diasaran, MetalStrike 3D ideal digunakan untuk permainan simulasi penerbangan dengan desain 4 axiz dan juga memiliki Aileron, Elevator, Trottle dan juga control Power.

Fungsi turbo untuk pengulangan otomatis bisa memainkan permainan pertarungan di udara dengan kemampuan menembakkan senjata otomatis yang baik. Lebih dalam lagi, MetalStrike 3D memiliki 13 tombol untuk program, 8 arah “point of view” hat switch, sehingga Anda bisa menerbangkan pesawat Anda seperti pesawat sesungguhnya.

Selanjutnya MetalStrike FF juga memiliki keunggulan untuk melakukan pertarungan di udara. Dilengkapi dengan fungsi feedback force, MetalStrike FF memberikan Anda pengalaman yang sesungguhnya pada saat Anda lepas landas, mendarat dan juga stalling dipermainan simulasi dan juga memberikan Anda pengalaman nyata seperti bersenggolan, bertabrakan atau tertembak pada saat bertarung di udara. Fungsi inovatif air control yang dimiliki membuat tangan Anda tetap dingin dan kering dan juga membuat terbang menjadi lebih real.

Desain 4-axis-nya termasuk kemudi yang sangat ideal untuk permainan simulasi penerbangan dan juga menyediakan Aileron, Elevator, Throttle, dan juga control Power. MetalStrike FF juga menyediakan posisi pegangan yang bisa disesuaikan untuk kenyamanan kontrol Anda. Joystick inipun telah dilengkapi 13 tombol pemograman, sama seperti MetalStrike 3D dan juga 8 arah pandang Anda.

Joystick yang terakhir adalah MetalStrike Pro, meskipun semua seri joystick bisa bergetar, MetalStrike Pro memberikan Anda pengalaman getaran yang berbeda dari joystick yang sudah ada. Dengan desain berbalutkan warna hitam, MetalStrike Pro memberikan Anda pengalaman yang berbeda dalam permainan penerbangan.

Joystick ini juga memiliki fungsi 4-axis dan 8 arah pandang yang membuat Anda merasakan pengalaman yang sesungguhnya saat menerbangkan pesawat dan juga memiliki fungsi air control.

I. SEJARAH JOYSTICK

Joystick” mulai dikenal pada abad 20-an pada waktu itu nama joystick diartikan tongkat pengendali pesawat terbang.Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektrik.2-axis joystick ditemukan di sekitar tahun 1944 di Negara Jerman. Alat ini dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil ke arah targetnya. Joystick ini mempunyai tombol on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.

Pada tahun 1960 penggunaan joystick menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem radio-controlled, seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joystick kepada industri komputer dan para pemakai lain.

Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat, joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardwere).


II. PENGERTIAN JOYSTICK

Joystick merupakan salah satu perangkat keras (hardware) computer,dan pengertian dari perangkat keras komputer (hardware) itu sendiri adalah peralatan dari system computer yang secara fisik kita dapat lihat dan terjemah.

Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.

III. Kegunaan dan fungsi Joystick

Alat ini umumnya digunakan sebagai :

· pelengkap untuk memainkan permainan vidio yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
· untuk mengontrol permainan video.
· tuas control(joystick) juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
· Untuk mempermudah gamers dalam bermain games.
IV. Macam-macam Joystick
· Joystick stir mobil : Jenis joystick diatas berbentuk seperti stir mobil dan berfungsi khusus untuk game balap mobil.
· Joystick berupa stick PS : Jenis joystick diatas digunakan untuk memainkan gama-game berjenis perang,seperti Call Of Dutil atau Modol Of Kondor.
· Joystick berupa stir pesawat : Jenis joystick diatas berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.

· Joystick PC dengan fungsi Turbo
Berbeda dengan joystick yang beredar dipasaran,Metal Strike 3D nama dari jenis joystick PC Turbo digunakan untk permainan simulasi penerbangan dengan desain 4 axiz dan juga memiliki Ailero,Elavator,Trottle,dan Control Power. Fungsi Turbo untuk pengulangan otomatis,bisa memainkan permainan pertarungan di udara dengan kemampuan menembakkan senjata otomatis yang baik. Metal Steike 3D memiliki 13 tombol.

· Joystick Controller
Joystick Controller mengunakan potentiometric. Saklar pada joystick controller digunsksn untuk menerjemahkan gerakan menjadi sinyal output. Joystick Controller terbuat dari plastic,nilon,nilon plastic,gelas penuh nilon,dan stainless steel. Selain untuk digunakan untuk permainan,joystick juga digunakan dalam bidang industry dalam menuntut kondisi lingkungan atau peralatan untuk tugas berat seperti forklift,crane,mesin pertanian,alat kerekan,kendaraan kemudi,excavator,dan kendaraan militer.

Presisi joystick controller digunaka untuk kemudi,posisi dan control kecepatan pada aplikasi,seperti control mikroskop. Joystick controller juga digunakan dalam control kamera,kursi roda,kamera pengintai,peralatan pengukuran optic,peralatan diagnostic medis,dan tahap teknik.

Permainan joystick digunakan dalam simulator penerbangan,video game,dan remote control. Dalam joystick ini ada 6 derajat kebebasan ( DOF ) sesuia dengan sumbu arah gerakan. Adapun arah yang mungkin yaitu x,y,z,yaw,pitch,dan roll. Dalam hal jenis protocol pada joystick ini,banyak jenis konektor yan tersedia. Contohnya Universal Serial Bus ( USB ),CANBUS,PROFIBUS,dan modulasi lebar pulsa ( PWM ).

Joystick PS/2

Joystick PS2 adalah sebuah media pengendali robot yang cukup handal. Dibandingkan dengan PC Keyboard yang kurang fleksibel dan keypad yang mempunyai jumlah tombol terbatas media ini jauh lebih sesuai. Namun berbeda dengan PC Keyboard maupun keypad, joystick membutuhkan masukkan perintah terlebih dahulu untuk mengirimkan datanya.
Pada saat mikrokontroler ingin mengambil data dari joystick maka mikrokontroler harus memberitahu joystick bahwa datanya akan diambil dengan memberikan logika 0 pada pin ATT dan mengirimkan data sebagai perintah mulai atau start command (0×01).

Setelah perintah mulai diterima oleh joystick maka joystick akan mengirim data yang menunjukkan ID dari joystick ( 0×41 untuk joystik digital dan 0×73 untuk joystick analog red mode ). Pada saat yang bersamaan dengan josytick mengirim ID mikrokontroler juga mengirim data ( 0×42 ) untuk meminta data dari joystick
Saat data ( 0×42 ) diterima maka joystick akan membalas dengan mengirimkan data ( 0×52 ) sebagai pemberitahuan bahwa data akan segera dikirim.

Setelah itu joystik mengirimkan data 6 x 8 bit yang berisi informasi tombol mana saja yang ditekan ( semua tombol adalah aktif low ).

V. Kelebihan dan Kekurangan dalam penggunaan joystick

· Baik untuk tracking ( mengikuti objek yang bergerak di layar )
· Mempermudah gamers dalam bermain game dalam mengarahkan kursornya
· Joystick mudah rusak,jika terjadi kerusakan perbaikan joystick mahal

VI. Joystick Elements

1. Stick
2. Base
3. Trigger
4. Extra buttons
5. Autofire switch
6. Throttle
7. Hat Switch (POV Hat)
8. Suction cub

1 komentar:

Posting Komentar